Bpjs ketenagakerjaan

Beda Jaminan Hari Tua dengan Pensiun

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memiliki program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Meski terlihat sama, ada perbedaan dari keduanya.

Aktuaris BPJS Ketenagakerjaan, Pramudya, pun menjelaskan perbedaan JHT dengan JP. JHT memiliki manfaat dalam bentuk uang tunai sekaligus sebesar akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, diterima saat memasuki usia pensiun, meninggal dunia, atau cacat total tetap.

Sedangkan JP, manfaat dalam bentuk uang tunai bulanan dari pensiun hari tua, pensiun cacat, pensiun janda/duda, pensiun anak, dan pensiun orangtua dengan syarat masa iuran minimal 15 tahun.

“Jadi jika di JHT manfaat pembayarannya bisa sekaligus, namun JP bulan,” jelas Pramudya, di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Perbedaan lainnya, peserta JHT dapat mengambil sebagian dana jika telah memiliki masa kepesertaan minimal 10 tahun. Untuk JP, peserta memasuki pensiun dengan masa iuran kurang dari 15 tahun, peserta menerima akumulasi iuran beserta hasil pengembangannya secara sekaligus.

Besar manfaat, JHT akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan dan JP dihitung dengan formula tertentu berdasarkan masa iuran, upah masa iuran, dan faktor manfaat.

“Iuran JHT ditetapkan sebesar 5,7 persen dari upah sebulan dengan rincian 2 persen dibayarkan pekerja dan 3,7 dibayarkan pemberi kerja. Tapi, JP iuran pertama kali ditetapkan 3 persen dari upah sebulan (dengan batas upah) dengan rincian 2 persen dibayarkan oleh pemberi kerja dan 1 persen oleh pekerja,”paparnya.

Sementara itu, terang Pramudya, mekanisme penyelenggaraan JHT menjadi tanggungan wajib, sementara JP asuransi sosial. Dengan bentuk program, JHT tabungan atau provident fund, sedangkan JP manfaat pasti.

“Untuk risiko harapan hidup yang semakin panjang, JHT ditanggung sendiri secara individual oleh peserta, sedangkan JP ditanggung bersama secara kolektif oleh peserta,”jelasnya.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.