happy new year 2016

Car Free Night Malang Dibatalkan

Acara Car Free Night (CFN) yang sempat digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Jawa Timur dan direncanakan berlaku menjelang malam pergantian tahun di Jalan Ijen Malang, dibatalkan.

“Rencananya Car Free Night digelar mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Kami sudah minta pada Wali Kota Malang Mochammad Anton untuk mengurai keramaian dan membatalkan CFN agar massa tidak terkumpul pada satu titik, yakni di kawasan Jalan Ijen dan sekitarnya,” kata Kapolres Kota Malang AKBP Singgamata, di Malang, Kamis (31/12/2015), dilansir dari okezone.com.

Untuk memecah konsentrasi massa pada malam tahun baru, AKBP Singgamata meminta setiap kecamatan di wilayah Kota Malang agar mengadakan kegiatan kecil-kecilan, seperti doa bersama, konser kecil-kecilan dengan door prize agar masyarakat tidak berpikir lagi untuk keluar lingkungan dan merayakan pergantian tahun di titik-titik tertentu yang biasanya menjadi titik berkumpulnya massa.

Selain meminimalkan konvoi di jalan raya, katanya, aparat keamanan juga fokus mengamankan lokasi peribadatan dan tempat konsentrasi massa sepanjang malam Tahun Baru. Menurut Singgamata, untuk pengamanan malam Tahun Baru 2016, sebanyak 1.100 personel dikerahkan dan disebar ke tempat berkumpulnya massa, tempat peribadatan, juga tiga jalur masuk ke Kota Malang dari wilayah perbatasan. Aparat akan menghalau rombongan dan konvoi yang hendak masuk ke Kota Malang.

“Oleh karenanya, untuk meminimalkan konvoi dan konsentrasi massa, kami mengimbau setiap kecamatan, kelurahan, RW dan RT membuat acara di lingkungan masing-masing untuk mengalihkan warga yang ingin menghabiskan malam Tahun Baru di sejumlah tempat yang menjadi jujugan seperti Alun-Alun Tugu dan Alun-Alun Kota Malang,” kata AKBP Singgamata

Singgamata juga meminta masyarakat tetap tertib dalam merayakan malam pergantian tahun. Masyarakat juga dilarang memakai kendaraan yang memakai knalpot brong. “Jika ditemukan, polisi akan menindak pemakai kendaraan berknalpot brong itu,” tutur Singgamata.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.