Bendera-negara-KAA

Harapan Pengusaha dalam KAA

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang diadakan di Jakarta dan Bandung pada 19-24 Maret 2015. Dari perhelatan 10 tahunan tersebut, para pengusaha mempunyai harapan khusus bagi pemerintah Indonesia.

“Dalam pertemuan tingkat Menteri maupun kepala negara diharapkan membahas kerjasama yang nyata dan kongkrit yang dapat saling dimanfaatkan sesuai potensi di negara masing masing,” kata pengusaha yang juga sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Sarman Simanjjorang saat berbincang dengan redaksi¬†Liputan6, Senin (20/4/2015).

Sarman mengungkapkan, pasar Afrika dan beberapa negara lain masih menjadi salah satu potensi bagi Indonesia, baik dalam hal rekan investasi juga dalam peningkatan ekspor Indonesia.

Secara lebih khusus, Sarman mengaku harus ada peningkatan volume perdagangan antara Indonesia dengan beberapa negara di Afrika dalam ajang KAA tersebut.

“Afrika peluang pasar berbagai produk Indonesia seperti batik, obat obatan, aneka produk makanan dan bahan bangunan,” tegas dia.

Ditambahkannya dengan adanya Asean Economic Community (AEC) mulai Desember tahun 2015. Beberapa negara Afrika dapat membantu Indonesia dalam meningkatkan kualitas industri dan sumber daya manusia.

Bagi para menteri, Sarman menyarankan untuk lebih aktif mengadakan pertemuan bilateral tanpa harus menunggu permintaan dari negara-negara peserta KAA.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.