pertamina-crew

Pertamina Berencana Revaluasi Aset

PT Pertamina (Persero) mengaku cukup tertarik untuk melakukan penghitungan ulang (revaluasi) aset yang dikeluarkan dalam paket kebijakan ekonomi V. Pasalnya, hal itu dapat membuat investasi pihak luar menjadi besar.

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Soetjipto mengaku, kebijakan Pemerintah dalam mengurangi tarif pajak bagi perusahaan yang melakukan revaluasi merupakan hal yang bagus. Terlebih lagi, saat ini Pertamina juga sudah lama tidak menghitung ulang nilai asetnya.

“Itu kan sesuatu yang bagus karena ketika kita lakukan revaluasi aset setelah sekian tahun tidak ada evaluasi maka nilai aset akan naik,” jelas Dwi di kantornya, Jakarta, seperti dilansir dari okezone.

Menurutnya, hal itu dapat membuat potensi pendanaan dari luar ke Pertamina jauh lebih besar. Hal ini karena adanya tambahan nilai pada aset perusahaan pelat merah tersebut.

“Dan jatuhnya kita bisa investasi lebih besar. Kita lihat kalau ada insentif ke arah situ, dan di luar itu Pertamina ada kebutuhan untuk laksanakan restrukturisasi anak usaha, transformasi holding dan lain-lain. Kalau RDMP jalan dengan joint venture kita akan lakukan revaluasi,” jelas dia.

Tidak hanya itu, insentif yamg diberikan Pemerintah pun diaebut akan digunakan oleh Pertamina. Seperti diketahui, Pemerintah menurunkan PPh Final menjadi tiga persen dari yang semula sebesar 10 persen untuk perusahaan yang merevaluasi asetnya.

“Kalau BUMN kita berharap upaya kita lakukan revaluasi adalah upaya kita untuk bisa tingkatkan investasi. Kita harapkan pajak ini sekecil mungkin kalau bisa tidak dikenakan. Kecuali ada aksi korporasi yang bisa dilakukan untuk dikatakan value added,” katanya.

 

 

okezone

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.