6 Tol Baru Siap Layani Pemudik Tahun Ini

6 Tol Baru Siap Layani Pemudik Tahun Ini

Pemerintah memastikan bahwa 6 jalur tol baru sudah siap digunakan oleh pemudik lebaran tahun ini dan semua tol tersebut berada di Pulau Jawa.


Dari keterangan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga mengatakan, “Tiga jalur tol baru yang bisa dioperasikan adalah tol Pejagan – Brebes Timur yang memiliki panjang 26 km, tol Surabaya – Mojokerto dengan panjang 18 km, dan tol Kertosono – Mojokerto dengan panjang 5 km.

Selain tiga tol baru tersebut yang nantinya akan segera beroperasi, pemerintah juga memfungsikan beberapa ruas tol baru yang pembangunannya masih belum selesai total demi membantu kelancaran lalu lintas mudik lebaran.

Tol tersebut antara lain tol Bawen – Salatiga sepanjang 17,57 km, tol Solo – Kertosono sepanjang 10 km, dan tol Gempol- Pasuruan (Rembang) sepanjang 13 km.

“Jika tahun lalu ruas tol Pejagan – Brebes Timur hanya dibuka sementara, maka untuk mudik lebaran tahun ini akan sepenuhnya beroperasi,” ujar Danis kemarin Selasa (7/6/2016).

Begitu juga dalam membantu mengurai kemacetan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik, pemerintah telah menginstruksikan berlakunya integrasi sistem pembayaran tol, baik tunai maupun non-tunai pada ruas Jalan Tol Cikopo – Palimanan.

Pemerintah telah menargetkan integrasi tersebut sudah bisa beroperasi sebelum tanggal 13 Juni 2016, agar arus mudik Lebaran 2016 lebih lancar.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.