Ada Tol Trans Sumatera, Waktu Tempuh Bakauheni-Terbanggi Cukup 2 Jam

Ada Tol Trans Sumatera, Waktu Tempuh Bakauheni-Terbanggi Cukup 2 Jam

Progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah mencapai 20%. Proyek pembangunan jalan tol sepanjang 140 km tersebut masih terus berlanjut dengan empat BUMN sebagai kontraktornya. Diperkirakan proyek jalan tol tersebut bisa selesai bulan Juni 2018 sebelum perhelatan Asian Games berlangsung.

Pemimpin Proyek Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 Dan 2, Slamet Sudrajat, mengatakan bahwa setiap jalur jalan tol tersebut memiliki dua lajur dengan luas total 7,2 meter dan masing-masing lajur memiliki 3,6 meter. Diperkirakan jalan tol itu mampu menampung lebih dari 20 ribu kendaraan setiap harinya.

“Jalan tol ini ada dua jalur, setiap jalurnya ada dua lajur. Setiap lajur kendaraan lebarnya 3,6 meter. Untuk bahu jalan, luar dan dalam itu lebar total 3 meter. Dengan demikian, sekitar 20 ribu lebih kendaraan perhari bisa melewati jalan tol,” ujar Slamet saat berada di proyek pengerjaan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.

Adanya jalan tol ini mampu mempersingkat waktu tempuh dari Bakauheni menuju Terbanggi Besar yang sebelumnya membutuhkan waktu 4 jam bisa terpangkas menjadi 50% lebih cepat.

“Sekitar 1,5 jam hingga 2 jam waktu tempuhnya,” imbuh Slamet.

Slamet Sudrajat juga mengatakan, jalan tol ini juga terintegerasi langsung dengan Pelabuhan Bakauheni. Keberadaan jalan tol ini juga memeberikan manfaat bagi pengguna jalan terutama angkutan barang, ditributor logistik hingga meningkatkan kemajuan pembangunan daerah setempat.

“Jadi dengan pembangunan jalan tol ini, ada multiplier effectnya ke pembangunan di sepanjang koridor jalan tol ini. Kemudian juga arus lalulintas barang dan jasa logistik bisa lebih lancar, sehingga dengan kelancaran transportasi itu harga produk bisa lebih murah,” kata Slamet.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.