Aktivitas Gamalama Turun, Bandara Ternate Dibuka Kembali

Aktivitas Gamalama Turun, Bandara Ternate Dibuka Kembali

Akibat semburan abu vulkanik Gunung Gamalama, menyebabkan Bandara Sultan Baabulah ditutup selama tiga hari. Kini, Sabtu (6/8/2016) Bandara tersebut sudah dibuka lagi.

Kepala Bandara Babullah Ternate, Anung Bayumurti, Sabtu (6/8/2016) mengatakan, “Berdasarkan nota tadi, bandara mulai dibuka hari ini jam 08.30 WIT.”

Dibukanya bandara Sultan Baabulah karena aktivitas Gunung Gamalama tidak lagi menyemburkan abu vulkanik dan kondisi cuaca hari ini cukup cerah.

Menurut Anung, Gunung Gamalama hanya mengeluarkan asap. Kemudian info dari BMKG menyebutkan bahwa kondisi cuaca tidak ada awan tebal di atas bandara.

Penberbangan pertama yang akan berangkat pada pukul 13.00 WIT adalah pesawat Garuda Indonesia dari Manado.

“Kemudian jam 5 sore akan terbang ke Jakarta. Sementara itu Batik Air dari Makassar belum masuk ke Ternate hari ini. Kemungkinan besok hari  Minggu 7/8/2016 baru normal kembali,” kata Anung.

Sementara itu, berdasarkan data dari pos pantau Gunung Gamalama, aktivitas gunung sejak pagi hanya mengeluarkan asap putih tebal dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Kepala Pos Pemantau Gunung Gamalama mengatakan, “Gempa tremor masih tercatat namun sudah menurun dibandingkan Jumat kemarin. Gempa yang ada lebih ke tektonik bukan vulkanik.”

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.