pusat-logistik-berikat

ALI Minta Presiden Bangun PLB

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) meminta Presiden Jokowi segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah tentang Pusat Logistik Berikat (PP PLB). Dengan membangun PLB dapat meningkatkan efisiensi logistik di Indonesia dan meningkatkan daya asing nasional.

“Untuk proses perumusan Rancangan PP PLB itu sudah mencapai tahap akhir dan tinggal menunggu tanda tangan Presiden Jokowi,” kata Ketua ALI Zaldy Ilham yang dilansir dari beritatrans.

Dikatakan oleh Zaldy, dengan adanya PP ini dapat memberikan kepastian hukum dalam berinvestasi di Indonesia, dan untuk implementasi PP tersebut akan berbanding lurus dengan percepatan pembangunan PLB yang diperkirakan dapat mengurangi biaya logistik khususnya komoditas impor hingga 30 persen. Di sisi lain, percepatan pembangunan PLB ini juga sangat penting untuk mengefisienkan aktivitas perdagangan internasional khususnya wilayah ASEAN.

Zaldy sempat mengaku kecewa dengan lambatnya pemerintah melakukan implementasi program yang berkaitan dengan logistik. Sejalan dengan Presiden Jokowi sendiri yang sering mengkritik masih tingginya biaya logistik di Indonesia. Bahkan Presiden menegaskan bahwa Indonesia tengah menggenjot kinerja logistik nasional, salah satunya dengan mendorong pembangunan kawasan industri sebagai PLB. Karena Presiden ingin menekankan pentingnya integrasi antara pelabuhan dan kawasan industri agar biaya logistik dapat ditekan.

Zaldy menilai, PLB ini merupakan kawasan yang sangat strategis bagi Indonesia agar dapat menjadi pusat logistik di ASEAN. Indonesia sebagai negara yang ekonominya terbesar di ASEAN sangat memalukan kalau sampai tidak bisa menjadi pusat ekonomi ASEAN. Untuk menjadi pusat ekonomi, Indonesia harus menjadi pusat logistik terlebih dahulu. Di situlah pentingnya keberadaan PLB.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.