Antisipasi Abu Bromo, Penerbangan Garuda Dialihkan ke Juanda

Antisipasi Abu Bromo, Penerbangan Garuda Dialihkan ke Juanda

Sebagai antisipasi dari abu vulkanik Gunung Bromo, hari ini Rabu(20/7/2016) maskapai penerbangan  Garuda Indonesia mengalihkan pendaratan pesawat GA290 tujuan Jakarta – Malang ke Bandara Juanda.

Seharusnya pesawat tersebut mendarat di Bandara Abdulrahman Saleh Malang, namun pihak maskpai Garuda melakukan antisipasi terhadap dampak erupsi Gunung Bromo dengan mengalihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

Hingga berita ini diturunkan, operasional Bandara Abdulrahman Saleh Malang masih tetap berjalan seperti biasa.

Menurut keterangan seorang Customer Service Garuda, Rabu(20/7/2016) mengatakan, “Antisipasi pengalihan penerbangan dilakukan karena khawatir dengan erupsi Gunung Bromo.”

Di lain tempat, Kepala UPT Bandara Abdulrahman Saleh, Suharno mengatakan, “Hari ini bandara tidak ditutup. Aktivitas tetap seperti biasanya.”

Terkait adanya pengalihan penerbangan oleh maskapai Garuda Indonesia, Suharno menyebut sebagai upaya antisipasi erupsi Gunung Bromo yang terus dilakukan.

“Hanya langkah antisipasi. Garuda itu antisipasi jadi mengalihkan penerbangan,” ucap Suharno.

Menurut dia, penerbangan ke dan dari Bandara Abdulrahman Saleh masih dalam kondisi aman. Suharno menyebut bahwa maskapai penerbangan Citilink Indonesia rute Jakarta-Malang juga baru mendarat dengan lancar. Dia mengatakan selalu memonitor kondisi bandara dan Gunung Bromo yang terus mengeluarkan abu vulkanik.

Dari laporan rutin Pos Pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Bromo, info hari ini cuaca di gunung Bromo sedang cerah-mendung dan angin tenang.

Gunung Bromo masih diselimuti berkabut. Asap dari kawah terlihat berwarna putih kelabu kecoklatan dengan kondisi tipis-tebal. Tekanan lemah-kuat dan tinggi asap berkisar 100 – 1000 meter dari puncak kawah menuju arah barat daya. Gempa tremor maksimal 0,5 – 7 milimeter, dominan 1 milimeter.

Sampai saat ini status Gunung Bromo masih “waspada”. Warga sekitar dan wisatawan dilarang memasuki kawasan dengan radius satu kilometer dari kawah Bromo.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.