Bangun Bandara Soekarno-Hatta 2, AP II Tentukan Lokasi dan Studi Kelayakan

Bangun Bandara Soekarno-Hatta 2, AP II Tentukan Lokasi dan Studi Kelayakan

PT Angkasa Pura II akan membangun bandara baru, yakni Soekarno-Hatta 2. Bandara baru tersebut dibangun sebagai solusi padatnya jumlah penumpang dan lalu lintas pesawat di Bandara Soekarno-Hatta eksisting yang semakin meningkat.

(Baca Juga : Perbesar Daya Tampung, AP II akan Bangun Bandara Soekarno-Hatta 2)

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan ada beberapa lokasi yang sedang dijajaki untuk pembangunan bandara baru tersebut. Diantaranya adalah lokasi sekitar bandara eksisting, dan kawasan pantai utara Tangerang.

“Kami masih mengkaji lokasi-lokasi tersebut untuk dipilih sebagai tempat pembangunan bandara baru, Soekarno-Hatta 2,” kata Muhammad Awaluddin.

Hingga saat ini, pihak Angkasa Pura II sedang menyiapkan studi kelayakan atau feasibility studies untuk pembangunan bandara baru tersebut. Selain lokasi, studi kelayakan juga mengarah pada aspek pendanaan dan investasi yang dibutuhkan.

Adapun tujuan pembangunan bandara baru tersebut adalah mengatasi semakin padatnya jumlah penumpang dan pergerakan pesawat yang menggunakan Bandara Soekarno-Hatta saat ini.

Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin menyatakan jika kapasitas Bandara Soekarno-Hatta yang ada saat ini diperkirakan akan mencapai titik puncak pada tahun 2025.

Awaluddin juga mengatakan bahwa nanti pada 2025 jumlah penumpang yang ada di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai sebanyak 100 juta penumpang. Jumlah tersebut sudah melampaui daya tampung Bandara Soekarno-Hatta yang ada saat ini.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta eksisting, Angkasa Pura II saat ini juga menyiapkan pembangunan terminal 4 yang terletak di area pergudangan Soewarna.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.