Hang Nadim Batam Airport

Bangun Terminal 2, Pemerintah Kucurkan 3,1 Triliun untuk Hang Nadim

Pemerintah Pusat telah menggelontorkan dana sebesar Rp. 3,1 Triliun untuk Bandara Hang Nadim Batam. Dana tersebut akan digunakan untuk pembenahan infrastruktur dan pembangunan Terminal 2 Bandara.

Dalam keterangannya Selasa(1/2/2016), Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam, Swarso mengatakan, “Dana dari APBN pusat sebesar Rp 3,1 triliun akan digunakan untuk penambahan terminal, penambahan hanggar, apron.”

Swarso mengatakan, pembangunan terminal kedua ini akan dilakukan pada 2018 di sisi kiri terminal yang kini beroperasi. Ia juga menjelaskan perihal pembangunan terminal kedua, dibangun karena kapasitas pengguna jalur penerbangan melalui Bandara Hang Nadim Batam mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan hingga saat ini jumlah keselutuhan penumpang yang menggunakan Bandara Hang Nadim mencapai 5 juta penumpang.

Terkait pembangunan tersebut, terlebih dahulu akan dilakukan pemindahan hanggar cargo. Karena posisi hanggar cargo saat ini akan dijadikan terminal 2 dan juga stasiun kereta cepat Batu Ampar Hang Nadim. Diperkirakan membutuhkan waktu 1 sampai 2 tahun untuk pembangunan ini. Setelah pembangunan ini selesai, Bandara Hang Nadim akan mampu menampung 100 juta penumpang per tahun.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BP Batam, Swarso mengatakan bahwa pada 2012 jumlah penumpang Bandara Hang Nadim Batam mencapai 3,8 juta orang per tahun dengan 84 penerbangan per harinya. Kemudian pada 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan 104 penerbangan per hari. Bahkan, hingga akhir 2014 jumlah penumpang sebanyak 4,8 juta orang dengan 116 penerbangan per hari, dengan kapasitas landasan pacu terpanjang di Indonesia sepanjang 4.025 meter.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.