Benahi Fasilitas Pelabuhan, Pelindo I Siap Layani Mudik 2016

Benahi Fasilitas Pelabuhan, Pelindo I Siap Layani Mudik 2016

PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) I sudah menyatakan kesiapannya dalam melayani arus mudik Lebaran 2016. Hal itu dilakukan dengan melakukan pantauan dan pembenahan terhadap 8 pelabuhan di bawah naungan Pelindo I.

Pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan.

Persiapan dan pembenahan fasilitas di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1 terus dilakukan, seperti yang sudah dilakukan pembenahan pada Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengatakan, “Fasilitas pelayanan Terminal Penumpang Bandar Deli saat ini sudah dilengkapi dengan dua unit garbarata. Fasilitas ini dapat memudahkan penumpang naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.”

Selain pembenahan fasilitas, terminal penumpang Bandar Deli juga memiliki arsitektur bangunan yang modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sudah ada seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP, ruang tunggu ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, kantin, toko cindera mata, toilet pria dan wanita, tanda bahaya, tata suara, pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air serta fasilitas automatic gate.

Jumlah kapasitas penumpang yang mampu ditampung Terminal Penumpang Bandar Deli adalah sebanyak 2.500 orang dan terminal ini sudah terhubung langsung dengan angkutan darat. Tak hanya Pelabuhan Belawan yang mengalami pembenahan, Pelindo 1 juga melakukan pembenahan pada terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Pembenahan yang dilakukan meliputi renovasi ruang tunggu penumpang, penambahan koridor kanopi, dan fasilitas lainnya.

Fiona Sari juga mengatakan, “Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi nantinya juga disiapkan seperti dermaga khusus untuk kapal penumpang, terminal penumpang dan ruangan untuk pengantar serta penjemput maupun ruang informasi, area parkir untuk kendaraan pengantar dan penjemput, rambu-rambu arah embarkasi dan debarkasi penumpang.”

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.