Beri Kemudahan Konsumen, Terminal Tirtonadi Gunakan Layanan E-Ticketing

Beri Kemudahan Konsumen, Terminal Tirtonadi Gunakan Layanan E-Ticketing

Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, menerapkan layanan pembelian tiket secara elektronik atau e-ticketing untuk memberikan kemudahan pada konsumen dalam memperoleh tiket bus.

Umumnya pembelian tiket bus dilayani melalui loket-loket perusahaan otobus (PO), namun Terminal Tirtonadi memberikan layanan terintegrasi untuk pembelian tiket. Sehingga calon penumpang dapat memilih PO bus, daerah tujuan, maupun waktu keberangkatan yang diinginkan.

Pada loket pembelian tiket bus, calon penumpang akan dilayani oleh petugas terminal dan akan diminta menunjukkan kartu identitas untuk digunakan sebagai data manifest penumpang. Hal tersebut mirip seperti proses ticketing pada angkutan penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto dalam kunjungannya ke Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (2/2/2017) mengatakan, “Pembelian tiket sudah menerapkan e-ticketing, itu sudah hampir sama dengan naik pesawat.”

Pudji Hartanto pun juga mencoba menggunakan layanan e-ticketing dengan membeli tiket bus menuju Ngawi, Jawa Timur.

“Kami pesan, dan kami diminta persyaratan seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan di dalam tiket itu sudah tertera nama saya,” ujar Pudji.

Tak hanya memuji layanan baru tersebut, Pudji Hartanto juga memberikan masukan dan saran agar penggunaan e-ticketing juga bersinergi antara pengelola terminal dan Perusahaan Otobus agar dapat diketahui berapa jumlah kursi yang masih tersedia dan yang sudah terjual.

“Hanya memang yang perlu diperbaiki antara kantor PO bus dan terminal belum sinkron sehingga harus komunikasi,” kata Pudji.

Pudji menjelaskan bahwa dalam inspeksi mendadak tersebut, pihaknya ingin memastikan bagaimana kondisi terminal Tirtonadi secara nyata dan terkini usai diresmikan beberapa waktu yang lalu.

“Saya diam-diam melihat situasi dan kondisi yang sebenarnya dari Terminal Tirtonadi setelah diresmikan oleh Menteri Perhubungan,” imbuh Pudji Hartanto.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.