Calon Jamaah Haji Tahun Ini akan Dilayani 400 Penerbangan

Menteri Perhubungan yang baru saja dilantik, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa penerbangan untuk pelayanan ibadah haji tahun 2016 sudah cukup siap. Beliau berharap nantinya semua jamaah haji dapat dilayani dengan baik.

Dalam kunjungannya ke Bandara Halim Perdanakusuma Minggu (31/7/2016), Budi mengatakan, “Penerbangan haji ada 400 flight, terdiri dari Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.”

Pihak Angkasa Pura sudah melakukan persiapan di bandara-bandara yang nantinya digunakan untuk memberangkatkan calon jamaah haji. Diantara persiapannya adalah sisi udara dan sisi darat yang meliputi area sisi udara yakni apron dan landasan pacu. Sedangkan sisi darat (land side), persiapannya dijalankan oleh Kementerian Agama.

Meski demikian, Menhub Budi Karya juga meminta agar Angkasa Pura tidak tergantung dengan fasilitas yang disediakan oleh Kementerian Agama. Jika diketahui ada fasilitas yang kurang, maka Angksa Pura wajib menyediakannya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama AP II, Djoko Mudjatmodjo mengatakan, “Sejumlah bandara yang akan melayani penerbangan haji adalah Aceh, Medan, Padang, Palembang, dan Jakarta.”

“Karakteristik penerbangan haji sebenarnya sudah siap sejak di asrama, imigrasi di asrama jadi langsung ke pintu pesawat. Biasanya 2-4 kloter yang berangkat dalam sehari,” kata Djoko.

Penerbangan perdana calon jamaah haji 2016 akan dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2016.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.