CargoSmart Luncurkan Aplikasi untuk Optimasi Rute Pengiriman Kargo

CargoSmart Luncurkan Aplikasi untuk Optimasi Rute Pengiriman Kargo

Penyedia Jasa Aplikasi Pengiriman barang, CargoSmart meluncurkan Route Master, yakni sebuah aplikasi yang mengizinkan pihak agen pengirim barang untuk menentukan dan mengoptimalkan rute pengiriman barang.

Menurut CargoSmart, fitur terbaru ini nantinya bisa menentukan rute terbaik berdasarkan waktu transit, reliabilitas, operasional dan harga. Aplikasi tersebut juga menampilkan berbagai informasi seperti operatol kapal, reliabilitas di terminal pelabuhan, serta analisa terhadap apakah rute tujuan tergabung dalam aliansi cargo.

Dilansir dari asiacargonews, Chief Commercial Officer CargoSmart, Lionel Louie mengatakan, “Pihak Agen Kargo sedang menghadapi perubahan layanan dalam skala luas dan mereka juga menegosiasikan kontrak tahun ini.” Lebih lanjut Louie menambahkan, “Route Master mampu memberikan informasi kepada perencana transportasi untuk mendapatkan detail layanan dan kinerja dari pihak operator pengiriman. Mereka (perencana transportasi) dapat membandingkan berbagai rute pilihan berdasarkan preferensi perdagangan mereka agar dapat mengoptimalkan pasokan logistik dan meminimalisir resiko.

Saat ini, aplikasi Route Master sudah tersedia dalam versi beta dan siap didistribusikan kepada agen pengiriman barang dan penyedia jasa logistik.

Perlu diketahui, dalam era globalisasi ini, agen pengiriman barang cenderung mengalami banyak perubahan yang signifikan ketika aliansi pelayaran dunia menyelesaikan struktur organisasi dan mengeluarkan jaringan rute pengiriman terbaru pada tanggal 1 April 2017.

Contohnya saja pada saat ini, perdagangan Trans-Pasifik memiliki 18% rute langsung dan 33% dari rute perdagangan tersebut bisa memiliki jangka waktu transit lebih pendek atau lebih panjang dengan perkiraan waktu tiga hari atau lebih dibandingkan dengan periode sebelumnya, menurut pihak CargoSmart.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.