Demi Memperkuat Usaha Logistiknya, PT Pelni Siap Tambah 1.200 Petikemas

Demi Memperkuat Usaha Logistiknya, PT Pelni Siap Tambah 1.200 Petikemas

Untuk mendukung peningkatan usaha logistik di tahun 2018 ini, PT Pelni akan menambah sebanyak 1.200 container atau petikemas baru. Hal itu dilakukan melalui anak perusahaan PT Pelni, yakni PT Sarana Bandar Nasional (SBN) yang memiliki bisnis bongkar muat, forwarding, distribusi, dan retail.

Rencananya pada bulan April 2018, ditargetkan sudah ada 26 kapal yang beroperasi di 96 kota pelabuhan. Maka dari itu, PT Pelni menyiapkan infrastrukuktur untuk mendukung hal tersebut diantaranya dengan penambahan jumlah petikemas.

Dalam keterangannya, Direktur PT Sarana Bandara Nasional, Suharyanto, Kamis(04/01/2018) mengatakan, “Pada April 2018 hampir semuanya (melayani aplikasi). Container sudah dipasangi barcode semua.”

Sementara itu, Harry Boediarto Soemarto selaku Direktur Usaha dan Tol Laut Pelni menyampaikan, untuk tahap awal dalam layanan Pelni Logistics, Pelni sudah menyiapkan tiga kapal yakni KM Dobonsolo, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo yang akan beroperasi di 12 pelabuhan.

Harry juga mengatakan bahwa pihaknya membuka peluang kerja sama dengan pihak lain termauk diantaranya BUMN maupun BUMD yang ada.

“Kami open platform jadi bisa terintegrasi dengan pihak ketiga. Misalnya dengan PT Pos Indonesia, Cargo Garuda, dan lainnya. Sistem ini memang terbuka karena ke depan transportasinya juga harus terintegrasi,” ujar Harry.

Kerjasama antar pihak tersebut sebagaimana dicontohkan Harry seperti kerjasama Pelni dengan Kapal Perintis dalam hal pendistribusian barang ke Timika, Papua. Ada juga integrasi dengan moda transportasi darat seperti Transjakarta dan Damri.

Harapannya ke depan adalah target seluruh cabang yang disinggahi kapal Pelni bisa menggunakan aplikasi tersebut temasuk tol laut. Karena Pelni terbuka untuk bersinergi dan berintegrasi dengan berbagai pihak.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.