Qatar-Airways

Dicurigai Ada Bom, Qatar Airways Gagal Take Off

Adanya kecurigaan terhadap salah satu penumpang, pesawat Qatar Airways diminta untuk menunda penerbangan. Padahal saat itu pesawat sudah siap lepas landas dari Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu pukul 19.15 WITA. Pesawat Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR963 diminta petugas keamanan untuk kembali ke apron dan dilakukan pemeriksaan.

Satu pleton Gegana dan pasukan Jihandak langsung meluncur ke area parkiran pesawat. Dari informasi yang didapat menyebutkan, saat dilakukan pemeriksaan awal, seorang turis asal Inggris, Fogli Davide, dicurigai membawa benda mencurigakan dalam tas bawaannya. Petugas tidak yakin akan barang yang dibawa penumpang ini berbahaya atau tidak. Kemudian saat pesawat akan take off, pihak keamanan yang melakukan pemeriksaan awal melaporkan kepada pimpinan, hingga diteruskan ke Menara Pengendali (Air Traffic Controller) untuk menghentikan pilot yang akan terbang menuju ke Ibu Kota Qatar, Doha.

“Sekarang sedang kita lakukan proses pemeriksaan terhadap barang yang diduga membahayakan penumpang lainnya,” kata GM Angkasa Pura I Ngurah Rai, Trikora Harjo, di Bandara Ngurah Rai, seperti dilansir merdeka, Minggu (6/12). Dikatakan oleh Trikora bahwa pesawat yang sudah dalam posisi akan take off dan langsung diminta kembali ke apron (RTA/return to apron).

“Setelah pesawat tersebut kembali ke apron B-19 (Gate 2) terminal Internasional, penumpang yang diduga membawa barang mencurigakan, langsung diamankan dan dibawa ke kantor security untuk proses investigasi.” kata Trikora.

 

beritatrans

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.