Dua Pejabat Kemenhub Turun Langsung Cek Kesiapan Mudik

Dua Pejabat Kemenhub Turun Langsung Cek Kesiapan Mudik

Menjelang mudik lebaran 2016 yang tinggal beberapa hari lagi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gencar melakukan pengecekan terhadap sarana angkutan massal, diantaranya pengecekan terhadapa kelayakan kapal laut.

Pengecekan tidak hanya dilakukan di area Jawa, tetapi juga dilakukan pada sejumlah pelabuhan di Kalimantan Timur.

Dua pejabat tinggi dari Kemenhub yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Sugiharjo dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub Toni Budiono turun langsung untuk melakukan pengecekan terhadap dua pelabuhan di Balikpapan pada Minggu (26/6/2016) kemarin.

Kapal-kapal yang menjalani uji pemeriksaan oleh pihak Kemenhub adalah kapal di Pelabuhan Penyeberangan Kariangau dan Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Pihak Kemenhub juga melakukan tes urine terhadap nakhoda kapal, di samping mengecek kesiapan kapal dan pelabuhan.

Khusus tahun ini, Kemenhub melakukan uji kelayakan kapal secara menyeluruh, tidak acak seperti tahun sebelumnya. Hal tersebut merupakan instruksi langsung dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Tak hanya kapal laut yang diperiksa, Kemenhub juga memeriksa moda transportasi lain seperti bus, kereta api, dan pesawat terbang.

Hingga Minggu (19/6/2016), untuk transportasi darat tercatat 2.100 bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) yang sudah diperiksa. Sedangkan di sektor transportasi laut, sebanyak 1.065 kapal dari total 1.230 kapal sudah diperiksa pihak Kemenhub. Dan juga pada tanggal tersebut, sebanyak 988 kapal laut dinyatakan layak operasi. Sementara sisanya sedang diperbaiki.

Untuk sektor transportasi udara, Kemenhub sudah melakukan pemeriksaan terhadap semua pesawat angkutan Lebaran yang berjumlah 526 unit. Adapun untuk sektor perkeretaapian, 96 persen lokomotif dan 81 persen kereta diesel sudah diperiksa.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.