pelabuhan-gresik

Dukung Industri Perairan, Pelabuhan di Gresik Terus Bertambah

Bertumbuhnya pelabuhan di Gresik semakin menobatkan kota tersebut sebagai Kota Industri. Ada 10 pelabuhan yang mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut termasuk Pelabuhan Gresik. Dan keberadaan pelabuhan milik pemerintah dan pelabuhan milik swasta memberi manfaat besar kepada para pelaku usaha.

Pihak Apindo ( Asosiasi Pengusaha Indonesia) Gresik menyatakan, keberadaan pelabuhan tersebut mampu menyokong separo dari perkembangan ekonomi Gresik saat ini. ”Dengan adanya pelabuhan tersebut, industri perairan Gresik semakin maju. Pastinya mereka juga terus melakukan inovasi,” ujar Ketua Apindo Gresik Tri Andhi Suprihartono.

Beberapa pelabuhan khusus yang ada di Gresik antara lain pelabuhan milik PT Petrokimia, Semen Indonesia, PJB, Maspion, dan PT Sumber Mas Plywood. Menurut Tri Andhi yang juga pengusaha tersebut, semua pelabuhan khusus itu menjadi pendukung utama dalam persediaan bahan baku sektor industri.

Tri Andhi memperkirakan jumlah pelabuhan khusus di Gresik akan terus bertambah. Karena, banyak perusahaan yang sekarang berdiri di lokasi strategis yang berdekatan dengan laut. ”Saya melihat potensi pelabuhan baru muncul di Gresik Utara. Contohnya daerah Sidayu dan sekitarnya,” tutur Tri Andhi.

Para pengusaha mempunyai harapan besar atas keberadaan Terminal Manyar Pelabuhan di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE). Pelabuhan itu diyakini menjadi salah satu andalan untuk pengembangan ekspor di Jawa Timur.

Jumlah angkutan niaga yang memanfaatkan jasa Terminal Manyar Pelabuhan Gresik terus meningkat. Pengelola pelabuhan sudah merencanakan pembangunan tiga crane atau alat bongkar muat barang untuk mendukung aktifitas pelabuhan tersebut.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.