dukung-pemasaran-ukm-kemenkop-gandeng-lion-air

Dukung Pemasaran UKM, Kemenkop Gandeng Lion Air

Agar pemasaran produk dari Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) bisa lebih masif, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP KUKM) menggandeng salah satu maskapai penerbangan yakni Lion Air.

Dari keterangan Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi Jumat(9/9/2016) mengatakan, “Kerjasama dengan Lion Air sangat strategis. Karena maskapai itu bukan saja melayani bisnis penerbangan, tetapi juga melayani ekspedisi pengiriman barang. Dengan begitu, produk – produk UKM yang bersinergi dengan Lion Air akan dipasarkan di pesawat dan juga online.”

Zabadi mengatakan jika pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Lion Air untuk kurun waktu 3 tahun ke depan. Kerja sama ini meliputi promosi produk UKM yang ditempatkan di majalah penerbangan Lion Air dan ekspedisi cargo.

Melalui cara tersebut, nantinya dapat menekan biaya kirim produk UKM ke berbagai daerah di Indonesia maupun di luar negeri. Kemudian maskapai Lion Air dapat memperoleh keuntungan dari sistem kerjasama bagi hasil.

Perlu diketahui bahwa selama ini pihak LPP KUKM telah memfasilitasi UKM yang ingin mengirimkan produknya melalui jasa ekspedisi, karena tingginya biaya pengiriman, hal tersebut masih jadi kendala sampai saat ini.

“Kerjasama dengan Lion Air dapat memperkecil biaya pengiriman 30 sampai 40 persen dibandingkan dengan ekspedisi lain, karena Lion punya pesawat dan cargo. Hal tersebut yang membuat kami menjalin kerjasama dengan perusahaan penerbangan itu.” imbuh Zabadi.

Sebelumnya, LPP KUKM pernah menjalin kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia, namun tidak hasilnya tidak sesuai harapan.

Adanya LLP KUKM memiliki peranan penting dalam membantu pemasaran produk KUKM agar mampu menembus pasar domestik dan internasional. LLP KUKM selama ini telah memfasilitasi produk-produk KUKM dengan agar dapat diterima oleh pasar.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.