Dukung Penerbangan Perintis, PT DI Produksi NC212i

Dukung Penerbangan Perintis, PT DI Produksi NC212i

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) sedang gencar menyasar market penerbangan perintis. Untuk mendukung rute penerbangan tersebut, BUMN tersebut sedang menyiapkan pesawat yang didesain khusus menangani penerbangan di daerah terpencil Indonesia.

Dilansir dari detik.com, Supervisor Pengembangan Bisnis Pesawat Terbang PT DI M. Umar Sarifudin mengatakan, “PTDI punya dua pesawat yang nanti bisa mengisi rute penerbangan perintis. Yaitu NC212i dan N219.”

Pesawat NC212i adalah pesawat multiguna generasi terbaru dari NC212 yang memiliki daya angkut 28 penumpang, memiliki ramp door, sistem navigasi dan komunikasi yang lebih moderen. Sedangkan pesawat N219 memiliki bobot yang ringan, berkapasitas 19 orang, dan dilengkapi teknologi avionik moderen.

Lanjut Umar, dua pesawat tersebut sangat handal di kelasnya. Untuk tipe 212, kiprahnya dikenal sebagai pesawat militer dari dalam maupun luar negeri. Sedangkan tipe N219, saat ini sedang tahap sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

Di samping itu, kehandalan pesawat NC212i dan N219 adalah mampu mendarat di landasan rumput, pasir dan berbatu. Jadi, dua pesawat yang didesain oleh PT Dirgantara Indonesia tersebut bisa dioperasikan di rute perintis. Tak hanya mengangkut penumpang, pesawat NC212i dan N219 juga bisa mengangkut muatan logistik kargo untuk penerbangan perintis.

Umar Sarifudin juga mengatakan, “Untuk daerah ekstrem dengan landasan yang tinggi dan pendek, kami mengembangkan 219. Bisa digunakan di daerah seperti Papua. Untuk daerah pantai serta dataran landai, kami gunakan pesawat 212i.”

Sebagaimana moda transportasi lainnya, angkutan udara perintis ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengakomodir rute penerbangan jarak pendek. Adanya angkutan udara perintis juga bisa menjangkau masyarakat serta membentuk konektifitas rute wilayah pedalaman dan daerah tertinggal atau daerah yang belum terlayani moda transportasi lainnya.

Umar Sarifudin menyatakan bahwa PT Dirgantara Indonesia siap memproduksi dan memasarkan angkutan udara perintis. Tentu saja, semangat mencintai hasil produk dalam negeri terus digaungkan PT DI kepada para calon pembeli pesawat.

Sebagai langkah strategi pemasaran yang diusung perusahaan ini adalah dengan mengikuti acara-acara pameran, penetrasi pasar ke mitra strategis, dan menjalin komunikasi bersama operator dalam negeri. PT Dirgantara Indonesia juga terus menggali keinginan pasar dengan mendatangi langsung para operator.

“Dulu PT DI lebih banyak menjual produk untuk militer, sekarang kami mulai masuk pasar sipil atau penumpang. Sudah ada pesawat N219 yang diminati operator dalam negeri. Animonya sangat tinggi,” kata Umar.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.