port-of-jakarta

Ekspor ke Luar Negeri Tak Perlu Tunggu Kontainer Penuh

Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) kini tak lagi perlu menunggu waktu lama untuk mengirim komoditas ke luar negeri.

Kini konsolidasi ekspor telah dilakukan dengan konsep one service di Cikarang Dry Port (CDP) yang memperbolehkan UKM dan IKM untuk mengirimkan barang ke luar negeri tanpa harus menunggu penuhnya satu ukuran peti kemas. UKM dan IKM di daerah sekitar Jabodetabek dan Jawa Barat pun diharapkan dapat dengan mudah melekukan ekpansi bisnis ke luar negeri.

“Secara umum CDP mempunyai prospek yang cerah terutama untuk kegiatan ekspor. Tentunya kami berharap kegiatan ekspor kami via CDP ke depannya semakin bertambah baik LCL (Less than Container Loaded) maupun FCL (Full Container Loaded). Untuk itu kami akan terus membantu menyebarkan informasi tentang CDP kepada pelanggan kami,” ujar Hersrinuksmo, Operation Assistant Manager PT IS Jaya Logistik.

Ekspor  perdana telah dilakukan dari gudang konsolidasi Cikarang Dry Port. PT IS Jaya Logistik bertindak sebagai konsolidator yang menggabungkan muatan dari beberapa perusahaan untuk dikapalkan ke Pelabuhan Tallin, di Estonia – Eropa. Gudang konsolidasi yang dioperasikan oleh PT Mitra Adira Utama ini pada awalnya telah beroperasi sejak bulan September 2014 lalu. Selama satu tahun beroperasi, gudang ini hanya menerima impor dari lima pelabuhan utama Jepang.

Gudang konsolidasi ini kemudian berkembang dengan menerima barang impor lainnya dari negara Hong Kong, Shanghai, Bangkok, bahkan dari berbagai pelabuhan di seluruh dunia melalui Malaysia dan Singapura. Namun, sejak akhir tahun 2015 ini, gudang konsolidasi ini resmi melakukan kegiatan ekspor.

Selaku operator gudang konsolidasi, PT Mitra Adira Utama berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pelaku usaha terutama di sekitar daerah Cikarang dan Karawang guna meningkatkan nilai ekspor dari Cikarang Dry Port.

 

okz

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.