Fungsi Black Box Dalam Transportasi

Fungsi Black Box Dalam Transportasi

Pastinya Anda sudah sering mendengar ada perangkat yang bernama Black Box atau Kotak Hitam. Apalagi jika Anda berkecimpung dalam dunia transportasi, khususnya transportasi udara pasti tau akan istilah Black Box atau alat perekam data transportasi baik dalam bentuk data tulisan atau angka maupun data suara.

Perangkat Black Box adalah perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi yang digunakan untuk perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari Black Box untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC). Selain itu alat tersebut juga digunakan untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Meskipun diberi nama kotak hitam, sesungguhnya alat tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (orange). Pemberian nama kotak hitam hanyalah sebuah istilah. Pemberian warna terang dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Alat semacam inilah yang akan dikembangkan oleh Badan Litbang Perhubungan bekerjasama dengan Komite Nasional Kesehatan Transportasi (KNKT), dan Universitas Diponegoro untum digunakan di transportasi jalan raya, khususnya kendaraan umum.

Nota kesepahaman atau MoU kerjasama tersebut telah ditandatangani pada 6 Desember 2016 lalu di Kampus Undip, Semarang, Jawa Tengah.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.