Airbus-A400M

Gantikan Pesawat Tua, Militer Indonesia Berencana Beli Airbus A400M

Militer Indonesia akan membeli pesawat angkut militer canggih produksi Airbus Group, Airbus Defence and Space jenis A400M.

Dikutip dari Reuters (15/5/2016), Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengatakan, “Indonesia berencana membeli pesawat angkut militer terbaru keluaran Airbus yakni Airbus A400M.”

Namun, Menhan Ryamizard belum mengatakan berapa unit pesawat yang nantinya akan dibeli.  Perlu diketahui, untuk 1 unit pesawat Airbus A400M memiliki banderol harga 152,4 juta Euro atau sekitar Rp 2,3 triliun. Pesawat tersebut bisa mengangkut helikopter dan kendaraan perang seperti panser .

Menhan juga mengatakan kalau pembelian pesawat Airbus A400M masih belum butuh unit yang banyak, walaupun ada rencana untuk membelinya.

Pesawat A400M sebenarnya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan militer Spanyol dan enam negara anggota NATO lainnya di Eropa, seperti Belgia, Inggris, Perancis, Jerman, Luksemburg dan Turki.

Pembelian armada pesawat A400M bertujuan untuk peremajaan pesawat angkut TNI AU yang saat ini masih banyak diisi armada tua yang dibeli dari Lockheed Martin seperti pesawat Hercules C-130 dan pesawat Boeing C-17 Cargo Jet. Beberapa pesawat Hercules C-130 di antaranya sedang diperbaiki di Indonesia saat ini.

Menhan Ryamizard juga mengungkapkan bahwa selain rencana pembelian Airbus A400M, Pemerintah Indonesia juga menyetujui pembelian 8 unit pesawat jet tempur Sukhoi asal Rusia jenis Su-35, dan saat ini sedang dalam negosiasi harga. Rencananya, Indonesia juga akan membeli 12 jet jenis Sukhoi untuk menggantikan jet Northrop F-5 Fighters.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.