Garuda Indonesia Tergelincir di Bandara Adisutjipto Saat Landing

Garuda Indonesia Tergelincir di Bandara Adisutjipto Saat Landing

Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA258 tergelincir di landasan pacu (runway) Bandara Adi Sutjipto, DI Yogyakarta, Rabu (2/1/2017) malam pukul 19.05 saat proses landing (mendarat).

VP Corporate Communication PT Garuda Indonesia Benny S Butarbutar membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Sehubungan dengan penerbangan Garuda Indonesia GA-258 rute Jakarta-Yogyakarta mengalami slip saat mendarat sehingga keluar dari landasan, akibat hujan deras, yang membuat landasan menjadi licin,” kata Benny S Butarbutar dalam keterangan resminya.

Berdasarkan informasi dari Angkasa Pura I yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut menjalani rute penerbangan Jakarta (CGK)-Yogyakarta(JOG) yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta dengan mengangkut 122 orang yang terdiri dari 115 penumpang dan 7 awak pesawat.

Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737-800 NG itu tergelincir hingga keluar landasan pacu saat kondisi di bandara hujan deras. Untungnya dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Semua penumpang dan awak pesawat selamat termasuk diantaranya empat balita. Kru penyelamat langsung mengevakuasi penumpang dan awak pesawat.

Pihak manajemen Bandara Adisutjipto langsung memerintahkan untuk penutupan bandara hingga proses evakuasi selesai dan pesawat yang tergelincir bisa dipindahkan. Begitu juga seluruh jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Adi Sutjipto sementara dialihkan ke bandara Adi Sumarmo, Solo.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan, “Bandara Adi Sumarmo dibuka hingga pukul 24.00 malam ini, untuk mengakomodir pengalihan penerbangan dari Yogyakarta.”

Israwadi menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan bus untuk mengantar penumpang menuju Solo yang akan terbang malam ini.

“Kami menyiapkan sekitar lima bus DAMRI untuk angkutan penumpang,” ujar Israwadi.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.