iata-luncurkan-eawblink-untuk-ekspedisi-kecil-dan-menengah

IATA Luncurkan eAWBLink untuk Ekspedisi Kecil dan Menengah

IATA (International Air Transport Association) akan meluncurkan tools atau aplikasi online berbiaya rendah yang dirancang untuk perusahaan ekspedisi kecil dan menengah dalam proses pengiriman dan penerimaan data-data ekspedisi barang, seperti electronic air waybills (e-AWB).

Aplikasi baru tersebut akan memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengirim dan mengelola e-AWB, tagihan perusahaan dan juga keamanan data elektronik.

Selain itu, dalam penggunaan aplikasi tersebut, pihak forwarder (perusahan ekspedisi) dapat langsung menerima update status pengiriman dari maskapai penerbangan, melacak status kiriman dan menerima pemberitahuan perihal pengiriman barang. Pengguna pun juga dapat mencetak dokumen tersebut secara online.

Dalam sebuah video promosi, IATA menyampaikan, “e-AWBLink menghubungkan lebih dari 120 operator melalui mitra kerja kami. e-AWBLink akan menjadi alat yang mempermudah bisnis Anda.”

“Tujuan adanya e-AWBLink adalah agar perusahaan ekspedisi beralih menggunakan e-AWB dan bergabung dengan komunitas e-kargo,” lanjut IATA.

Adapun mitra kerja IATA dalam pengadaan aplikasi e-AWBLink ini adalah MPhasis, Descartes dan Hewlett Packard Enterprises. Peluncuran aplikasi baru ini merupakan jawaban bagi industri kargo yang berusaha untuk mengadopsi teknologi dalam bisnis mereka.

Perusahaan ekspedisi kecil dan Bea Cukai di daerah pelosok sering dijadikan alasan yang bisa menghambat proses pengembangan sistem elektronik ekspedisi karena mereka tidak memiliki sistem yang mampu meng-handle pengiriman barang.

Perlu diketahui bahwa pada awal tahun 2016 ini, sistem e-AWB sudah menangani sebesar 37,2% dari total jumlah air waybill yang diproses. Sedangkan pada September kemarin, jumlah tersebut naik menjadi 42%. Namun IATA menargetkan untuk terus naik menjadi 52% pada akhir tahun ini.

source : aircargonews

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.