Ikuti China, Rusia Luncurkan Pesawat untuk Saingi Airbus dan Boeing

Ikuti China, Rusia Luncurkan Pesawat untuk Saingi Airbus dan Boeing

Tak mau ketinggalan dari China, Rusia meluncurkan pesawat jet yang akan bersaing dengan Airbus dan Boeing. Hal itu dilakukan saat hari Minggu (28/5/2017) kemarin, Rusia sukses melakukan penerbangan perdana untuk pesawat sipil buatannya yakni MS-21.

Dilansir dari Reuters, Irkut Corporation dan United Aircraft Corporation menyatakan bahwa pesawat MS-21-300 sukses melakukan uji coba penerbangan selama 30 menit pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dengan kecepatan 300 km per jam.

Pilot yang menerbangkan pesawat tersebut, Oleg Kononeko mengatakan, “Misi penerbangan sudah selesai dan baik-baik saja, pengujian berikutnya akan dilakukan.”

Pesawat MS-21 memiliki daya jelajah atau jarak terbang hingga 6.000 kilometer dan diprediksi mampu bersaing dengan Boeing 737 dan Airbus A320 yang selama ini mendominasi pasar pesawat berbadan kecil untuk penerbangan jarak menengah.

Analis market airplane menyebutkan jika MS-21 berpotensi merebut pasar domestik Rusia, Eropa dan Asia Timur. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena Rusia membenaderol harga 15% lebih murah daripada pesawat-pesawat yang ada saat ini.

Keberhasilan MS-21 ini juga diapresiasi oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin menyatakan jika produksi pesawat ini dilakukan supaya Rusia tidak bergantung kepada perusahaan asing.

Pesawat MS-21 dengan twin turbo tersebut, nantinya akan diproduksi dalam dua jenis, yakni MS-21-300 yang mampu menampung 160-211 kursi dan MS-21-300 dengan kapasitas 130-165 kursi. Produksi pesawatnya pun akan dilakukan dalam dua tahun ke depan. Selain itu, Pemerintah Rusia juga sudah melakukan kesepakatan dengan beberapa operator domestik dan luar negeri dengan menandatangani kontrak kerja sama.

Direktur Jenderal Irkut, Oleg Demchenko mengatakan jika untuk tahap awal pemerintah Rusia mengharapkan mampu memproduksi 175 unit pesawat.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.