Implementasikan FUA, Penerbangan Jalur Selatan Jawa Gunakan Satelit

Implementasikan FUA, Penerbangan Jalur Selatan Jawa Gunakan Satelit

Rute penerbangan melalui jalur Selatan Pulau Jawa (rute T1) akan menjadi rute penerbangan domestik pertama di Indonesia yang berbasis satelit.

Dalam keterangannya Senin(28/8/2017), Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, “Rute Tango One (T1) adalah rute penerbangan domestik berbasis performance based navigation (PBN) pertama di Indonesia. Karena selama ini, rute berbasis PBN hanya digunakan rute internasional. Ke depannya, kami akan tingkatkan rute dometik menjadi berbasis satelit agar lebih presisi dan akurat.”

AirNav Indonesia terus berupaya memperbaiki diri untuk penggunaan rute T1 tersebut. Berbagai perbaikan itu antara lain kesiapan fasilitas, peningkatan SDM, prosedur dan koordinasi antara unit layanan navigasi penerbangan. Selain itu, AirNav Indonesia juga mengadakan ATS LOCA (Air Traffic Services Letter of Coordination Agreement) antara Cabang Utama JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center) dengan MATSC (Makassar Air Traffic Service Center) serta antara Cabang Utama MATSC dengan Cabang Madya Denpasar.

Lebih lanjut Novie mengatakan, “Kami sedang meng-update standard operation procedure (SOP) untuk melayani jalur ini, setelah ATS LOCA dan update SOP selesai, sosialisasi akan kami lakukan kepada seluruh personel navigasi penerbangan.”

Menurut Novie Riyanto, implementasi FUA untuk rute T1 (Tango One) tersebut sudah dilaporkan kepada forum regional ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berlokasi di Bangkok.

“Kami sudah lakukan trial pada 17-23 Desember 2016 lalu dan hasil evaluasi serta rencana pembukaan rute juga kami sampaikan kepada ICAO. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa Indonesia ikut berpartisipasi dalam implementasi FUA (Flexible Use of Airspace) yang menjadi tren internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas ruang udara dan efisiensi penerbangan,” ujar Novie Riyanto.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.