Incar Sektor Wisata, Pelni akan Modifikasi KM Kelimutu Menjadi Cruise

Incar Sektor Wisata, Pelni akan Modifikasi KM Kelimutu Menjadi Cruise

Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa. Namun, hal itu belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan maksimal. Melihat peluang tersebut, PT Pelni berencana membidik sektor wisata bahari dengan lebih serius. Salah satunya adalah dengan menjadikan salah satu kapal Pelni yakni KM Kelimutu menjadi Kapal Cruise.

Corporate Secretary  Pelni, Ridwan Mandaliko, Senin(19/03/2018) mengatakan, “Pelni akan memodifiasi KM Kelimutu, salah satu kapal penumpang biasa menjadi kapal wisata atau cruise yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia.”

Nantinya proses modifikasi KM Kelimutu akan dilakukan bersamaan dengan jadwal docking kapal tersebut tahun ini. Modifikasi KM Kelimutu akan dilakukan  di Pontianak, Kalimantan Barat.

Selain itu, Dirut PT Pelni Insan Perwisya L.Tobing juga mengatakan bahwa pihaknya akan membuat sejumlah inovasi dan terobosan dalam bisnis angkutan penumpang kapal laut  di Tanah Air.

Insan mengatakan, “Kedepannya akan dilakukan rerouting dan penyederhanaan trayek sehingga tidak berhadapan head to head dengan pesawat terbang atau kereta api.”

Tak hanya mengubah kapal penumpang biasa menjadi cruise, PT Pelni juga akan membuat paket wisata yang lebih  menarik dan bervariasi bagi konsumen. PT Pelni sudah mengincar 7 destinasi wisata di Indonesia.

Direktur Komersial dan Tol Laut PT Pelni, Harry Boedoarto mengatakan, “Saat ini sudah ada 3 destinasi wisata yang dilayani kapal-kapal Pelni. Diantaranya adalah Karimun Jawa, Komodo dan Raja Ampat.”

Sedangkan destinasi lainnya yang akan dibidik adalah Wakatobi, Bunaken, Banda Naira, Mandalika, Bangka Belitung, Anambas serta Kepulauan Seribu Jakarta.

Dengan rencana modifikasi KM Kelimutu, nantinya bisa dioperasikan untuk melayani paket wisata bahari nasional.

“Yang pasti, Pelni bersama anak perusahaan siap kembangkan segmen usahanya, termasuk pasar pariwisata nasional,” imbuh Harry.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.