Indonesia dan Swedia Sepakati Kerjasama Transportasi

Indonesia dan Swedia Sepakati Kerjasama Transportasi

Pemerintah Indonesia dan Swedia sepakat untuk bekerja sama dalam bidang bisnis transportasi dalam rangka mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Kesepakatan kerjasama trasnportasi itu tertuang dalam surat kerja sama bisnis yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan dan Urusan Uni Eropa Swedia Ann Linde di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (4/10/2016) kemarin.

Menhub Budi Karya Sumadi meminta kepada pemerintah Swedia untuk menyediakan sarana transportasi di Indonesia. Salah satu poinnya adalah meminta pihak Scania untuk membuka pabrik bus di Indonesia.

Dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama, Menhub Budi mengatakan, “Kami minta Swedia yang punya Bus Scania dan Volvo agar dapat memproduksi di Indonesia.”

Menhub menjelaskan bahwa kerja sama denga Swedia tidak hanya di bidang transportasi saja, namun juga ada kerja sama dalam bidang pendidikan. Untuk ke depannya, kerja sama dua negara itu akan diperdalam melalui pengaturan lanjut berupa nota kesepahaman.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Urusan Uni Eropa Swedia Ann Linde mengatakan, “Kerja sama ini sangat penting bagi Swedia dalam membina hubungan baik dengan Indonesia.”

Ann Linde juga berharap dapat membangun hubungan lebih dalam dengan Indonesia dalam urusan penyediaan sarana transportasi.

“Pertemuan ini dalam rangka mencari peluang kerja sama, terlebih dalam urusan keberlanjutan transportasi dan infrastruktur. Saat ini sudah ada beberapa bus Scania di Jakarta. Saya pikir ini akan menjanjikan lebih banyak peluang bisnis dan kerja sama,” imbuh Ann Linde.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.