kereta-inka-ke-bangladesh

INKA Ekspor 15 Unit Kereta ke Bangladesh

PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) Persero tak lama lagi akan melakukan ekspor gerbong kereta penumpang sejumlah 15 unit ke negara Bangladesh. Rencananya, pengiriman 15 unit gerbong kereta tersebut dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada 31 Maret 2016.

Adapun pengiriman kereta ini adalah bagian dari kontrak pengadaan 150 unit gerbong kereta yang dimenangkan oleh PT INKA. PT INKA berhasil memenangkan tender pengadaan kereta penumpang berbagai tipe di Bangladesh setelah mengalahkan beberapa produsen kereta dari India dan China.

Untuk proses pengiriman gerbong kereta, akan dilakukan secara bertahap setiap bulan mulai Maret sampai bulan Agustus 2016. PT INKA sebenarnya sudah melakukan ekspor kereta penumpang ke Bangladesh sejak tahun 2006.

Pemerintah Bangladesh memesan Kereta penumpang dari PT INKA dengan spesifikasi 2 lebar kereta yang berbeda. Spesifikasi pertama adalah jenis Board Gauge (BG) ukuran 1.676 mm dan spesifikasi kedua adalah Meter Gauge (MG) ukuran 1.000 mm. Untuk jenis Board Gauge memiliki interior tempat duduk tipe 2-3 sedangkan Meter Gauge dengan tempat duduk tipe 2-2.

Untuk tampilan eksterior gerbong kereta yang dipesan oleh Bangladesh memiliki corak warna dominan hijau dengan diselingi oleh warna putih dan merah di bagian atas dan bawah gerbong. Kemudian, di bagian atas gerbong tertulis BANGLADESH RAILWAY yang merupakan perusahaan kereta api milik negara Bangladesh.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.