Iran Sepakat Beli 100 Unit Pesawat Boeing

Iran Sepakat Beli 100 Unit Pesawat Boeing

Semenjak hubungan Iran dan Amerika Serikat membaik, negeri para Mullah tersebut telah menyelesaikan kesepakatan untuk membeli 100 unit pesawat Boeing buatan negeri Paman Sam.

Dari keterangan resmi Kepala Organisasi Penerbangan Sipil (CAO) Iran, Ali Abdezadeh mengatakan, “Kami dan Boeing telah melakukan kesepakatan bersama yang tertuang dalam perjanjian tertulis untuk pengadaan sejumlah 100 unit pesawat. Saat ini, kedua pihak tinggal menunggu persetujuan dari Departemen Keuangan AS.”

“Kami sudah memiliki 250 pesawat sampai saat ini, dan 230 diantaranya perlu diganti,” ucap Abedzadeh kepada Iran Daily, Minggu (19/6/2016).

100 unit pesawat buatan Boeing tersebut akan dipakai oleh maskapai penerbangan Iran Air. Kebijakan ini menjadi langkah penting untuk mengejar ketertinggalan maskapai Iran dari para tetangganya.

Sebelumnya, perusahaan penerbangan Iran telah menjalin kesepakatan untuk pembelian 118 pesawat Airbus dengan nilai USD27 miliar. Kesepakatan dengan Airbus tersebut langsung dilakukan Presiden Iran, Hassan Rouhani dalam kunjungan kerjanya ke Paris.

Seperti dikatakan oleh Abedzadeh yang dikutip Reuters, “Nilai kontrak antara Iran dan Boeing mencapai USD17 miliar, namun hal tersebut masih belum final karena masih menunggu negosiasi lebih lanjut, terutama dari otoritas Amerika Serikat.”

Sebelumnya, pada Februari lalu, pihak Boeing sudah memperoleh persetujuan dari pemerintah AS untuk menjual pesawat mereka ke Republik Islam Iran, setelah AS mencabut sebagian sanksi kepada Iran pada Januari 2016. Pencabutan sanksi tersebut menyusul kesepakatan tentang program nuklir Iran.

Selain kerjasam dengan Airbus dan Boeing, Iran juga melakukan negosiasi dengan beberapa produsen pesawat lainnya yaitu dengan Bombardier, Kanada, dan Embraer, Brasil.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.