bandara-syamsudin-noor

Kabut Asap, Penerbangan Dialihkan ke Bandara Syamsudin Noor

Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan hingga saat ini tidak berdampak serius pada jadwal penerbangan pesawat di Bandara Syamsudin Noor. Bandara ini justru menerima pengalihan penerbangan ke bandara lain di Kalimantan yang terganggu akibat gangguan kabut asap.

GM Bandara Syamsudin Noor, Hendy Heryudhitiawan yang dikonfirmasi BeritaTrans.com, Jumat kemarin mengatakan, sampai siang ini penerbangan di Bandara Syamsudin Noor berjalan normal. “Memang ada pengalihan beberapa penerbangan dari Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan bandara lainnya yang terpaksa tak bisa landing karena gangguan kabut asap,” kata Hendy.

Namun begitu, lanjut dia, semua permintaan pengalihan penerbangan sejauh ini bisa dilayani dengan baik. Apalagi kalau dengan alasan keselamatan, tentu operator bandara akan berusaha maksimal melayani sehingga bisa menghindari terjadinya kecelakaan apalagi sampai menelan korban jiwa.

Yang menjadi permasalahan sekarang, menurut Hendy, Bandara Syamsudin Noor justru menerima permintaan slot penerbangan baru. Sementara, kondisi sedang riskan terhadap gangganuan kabut asap yang dipicu kebakaran hutan dan lahan di berbagai daerah di Kalimantan dan Sumatera.

“Kita harus ekstra hati-hati untuk memberikan izin penerbangan baru itu. Izin itu diberikan oleh pemerintah, tapi harus dioordinasikan dengan operator bandara, ATC atau Perum Airnav dan pihak terkait lainnya,” tandas Hendy.

Data yang dihimpun pers menyebutkan, kondisi cuaca di Bandara Syamsudin Noor sejak Kamis (22/10/2015) berangsur kembali pulih dan aktivitas penerbangan bisa dilakukan dengan baik dan aman.

“Ya, kondisi udara di kawasan bandara sejak Kamis pagi hingga saat ini sudah berangsur normal. Jadwal penerbangan pun seluruhnya berjalan lancar alias tidak ada kendala,” tutur Manager Operasional Angkasa Pura I, Trubus.

Dia mengatakan terkait jarak pandang Kamis (8/10) sudah terpantau berkisar tujuh kilometer. Semua penerbangan dari dan menuju Bandara Syamsudin Noor berjalan normal.

 

beritatrans

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.