pembangunan-bandara-kulonprogo

KAI Sediakan Kereta ke Bandara Baru Yogyakarta

Management PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menyediakan kereta yang khusus melayani calon penumpang pesawat terbang sekaligus mempermudah akses ke bandara baru Yogyakarta yang akan dibangun di Kabupaten Kulon Progo.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan kalau telah ada dukungan dari pemerintah untuk mempercepat pembangunan bandara Kulon Progo dan pihak KAI sendiri siap mendukung dengan menyediakan angkutan massal ke bandara itu. Menurut Edi, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X terkait rencana tersebut, bahkan gubernur menyarankan agar pembebasan lahan untuk pembangunan rel bisa dilakukan bersamaan dengan pembebasan lahan untuk kepentingan pembangunan bandara baru.

Perlu diketahui untuk akses kereta api ke bandara baru di Temon Kulon Progo akan dilakukan dengan membuat simpangan jalur rel kereta api dari Stasiun Kedundang sepanjang empat kilometer ke bandara. Jika pembebasan lahan bisa selesai dengan cepat, maka KAI bisa segera membangun rel kereta api. Sedangkan untuk penyediaan kereta api nya membutuhkan waktu yang agak lama dengan perkiraan waktu 16 bulan.

Edi menyebutkan kalau kebutuhan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana kereta api khusus ke bandara tersebut kemungkinan akan didanai oleh PT KAI, kecuali jika kereta tersebut masuk dalam kategori kereta perintis akan didanai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Selain menyiapkan jalur kereta khusus ke arah bandara baru, persiapan lain yang harus dilakukan adalah menyiapkan stasiun untuk pemberangkatan dan kedatangan penumpang yang memanfaatkan kereta tersebut. “Perlu ada jalur khusus untuk penumpang ke bandara. Jika dimungkinkan, maka calon penumpang pesawat terbang bisa melakukan check in di stasiun-stasiun keberangkatan. Tentunya, ini akan sangat memudahkan penumpang,” kata Edi Sukmoro.

Edi juga menyebutkan jika saat ini bandara yang sudah terhubung dengan jalur kereta adalah Bandara Kualanamu di Medan dan kini PT KAI menyiapkan jalur kereta khusus di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat dan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.