pelabuhan-semaja-nunukan

Kemenhub Keluarkan Dana Besar untuk Pelabuhan Nunukan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) keluarkan dana besar senilai Rp 58,6 miliar untuk pembangunan pelabuhan Nunukan tepatnya di Pelabuhan Semaja di Kecamatan Siemanggaris.

Pembangunan pelabuhan penyeberangan ini ditujukan untuk mempermudah akses dari Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik menuju ke daratan Pulau Kalimantan.

Seperti dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nunukan Petrus Kanisius, pelabuhan yang dibangun pada 2013 ini mendapat kucuran dana sebesar Rp 3,4 miliar untuk tahap pertama dan kemudian pada tahun 2014 mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 44,6 miliar.

Untuk proses finishing pada bagian darat telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 10,6 miliar yang diperuntukkan pembangunan pos jaga, musholla, kantor dan perangkat pendukung. Dan sumber dana ini diperoleh dari pemerintah pusat melalui Satuan Kerja Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan selesainya pembangunan pelabuhan penyeberangan ini, pelayaran yang menghubungkan Pulau Nunukan, Pulau Sebatik dan daratan Kalimantan diharapkan sudah bisa berjalan tahun ini. “Jika jalur yang menghubungkan Pulau Tarakan dan Pulau Nunukan sudah terbentuk, dapat menekan biaya sembako dan material. Serta pembangunan daerah ini bisa sejajar dengan daerah lain,” kata Petrus.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.