pengamanan-bandara

Kemenhub Minta Operator Transportasi Tingkatkan Kewaspadaan

Kementerian Perhubungan telah meminta kepada seluruh operator transportasi yang dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan maupun yang dikelola BUMN untuk meningkatkan pengamanan dengan melakukan pengetatan pengawasan dan kewaspadaan pada seluruh sektor seperti bandara, pelabuhan, dan terminal bus.

“Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah meminta seluruh jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan seluruh unsur pengelola transportasi dari Kementerian Perhubungan dan BUMN,” kata Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan JA.Barata di Jakarta, Selasa (24/11/2015) kemarin.

Kebijakan ini dilakukan akibat adanya teror atau ancaman oleh oknum-oknum yang terjadi di beberapa negara pada beberapa waktu terakhir ini. Barata menambahkan, Menhub Ignasius Jonan juga meminta kepada semua unsur pengawas seperti, kepala Otoritas Bandara, Kepala Bandara, Kepala Balai Kereta Api, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan dan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara untuk selalu meningkatkan pengamanan dan berkoordinasi dengan aparat keamanan seperti TNI dan Polri.

“Khusus bandara, pengawasan dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Pengawasan yang dilakukan antara lain pada cargo, catering, cleaning service, pemberian pass bandara serta pengamanan airside. Menhub menginginkan area tersebut benar-benar steril,” tegas Barata.

 

beritatrans.com

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.