Kemenhub Resmikan Kapal Cargo Jakarta-Surabaya

Kemenhub Resmikan Kapal Cargo Jakarta-Surabaya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meresmikan Pelayaran Perdana Angkutan Penyeberangan Jarak Jauh atau dikenal dengan Long Distance Ferry rute Jakarta-Surabaya.

Pembukaan angkutan jarak jauh tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas darat serta mendukung program pemerintah dalam pengadaan tol laut.

Inspektur Jenderal Kemenhub Wahyu Satrio Utomo mengatakan bahwa pelayaran perdana kapal ferry yang mengangkut barang tersebut akan menggunakan Kapal Motor (KM) Roro Prayasti yang dimiliki oleh PT Jagad Zambrud Khatulistiwa dan Kapal Motor Penumpang (KMP) Ferrindo 5 milik PT ASDP Indonesia Ferry.

Dalam acara Pembukaan Pelayaran Perdana Angkutan Penyeberangan Jarak Jauh Lintas Jakarta-Surabaya di dermaga PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/12/2017), Wahyu Satrio mengatakan, “Kemacetan yang sering terjadi di jalur Pantura berdampak pada konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), kerugian waktu, polusi, korban jiwa dan berkurangnya daya tarik wisata.”

Wahyu juga menambahkan jika sementara waktu angkutan penyeberangan jarak jauh diberikan subsidi sampai mencapai nilai keekonomian.

“Pemberian subsidi menjadi pemicu untuk membangun segmen perpindahan moda transportasi truk dari darat ke laut,” ujar Wahyu.

Pada bulan desember ini, angkutan penyeberangan jarak jauh dilakukan sebanyak 14 trip untuk masing-masing kapal dengan rincian seminggu terdapat dua kali pelayaran dari Jakarta dan dua kali pelayaran dari Surabaya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan besara tarif yang diberikan kepada pelaku usaha pada rute Jakarta-Surabaya, sebesar Rp 3 juta per kendaraan (truk) dan sudah termasuk subsidi.

Untuk tahun ini, pemerintah menganggarkan subsidi sebesar Rp 5 miliar untuk dua kapal tersebut khusus bulan Desember 2017 ini.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.