kemenhub-uji-coba-kombinasi-transportasi-laut-untuk-angkut-truk-ke-daerah

Kemenhub Uji Coba Kombinasi Transportasi Laut untuk Angkut Truk ke Daerah

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menggunakan jalur laut untuk mengangkut sarana transportasi darat sebagai alternatif transportasi bagi masyarakat. Contohnya adalah mengangkut truk jarak jauh yang akan menuju daerah tertentu atau daerah pelosok.

Ada beberapa rute yang akan dilaukakan uji coba pada program ini diantaranya adalah rute Surabaya-Lembar (Lombok Barat), Surabaya-Jakarta, dan Semarang-Jakarta. Rencananya program tersebut akan dimulai bulan Desember mendatang.

Menhub Budi Karya Sumadi, Minggu(6/11/2016) kemarin mengatakan, “Kami akan uji coba awal Desember, Surabaya-Lembar. Kemudian Jakarta-Surabaya pada awal Januari.”

Hingga saat ini, berbagai persiapan sudah dilakukan diantaranya adalah mempersiapkan SDM. Namun, tender terhadap program ini masih belum dilakukan.

“Kami mempersiapkan SDM dan jembatan timbang karena kita outsourcing, kemungkinan jadi 2017 kita mulai,” imbuh Budi.

Menhub Budi memiliki program untuk mengkombinasikan operasional jembatan timbang dengan pemanfaatan angkutan laut. Sehingga untuk kendaraan besar seperti truk dapat memanfatkan angkutan laut dan selanjutnya menuju suatu daerah tertentu.

Menhub Budi juga mengatakan, “Kita sedang membahas mengenai suatu ukuran yang terukur di Sumatera, Jawa Tengah, dan Sulawesi. Dalam waktu dekat akan kita kombinasikan antara jembatan timbang dengan angkutan laut.”

Jembatan timbang akan menjadi salah satu dalam pengendalian arus lalu lintas, bobot maupun muatan barang.

“Kedepannya truk itu bisa mendapatkan pilihan untuk menggunakan moda angkutan lain, yaitu angkutan laut,” ujar Budi Karya Sumadi.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.