Kereta Api Pelabuhan

Kereta Pelabuhan Beroperasi, Dwelling Time Bisa Berkurang

Ketua Satgas Dwelling Time, Agung Kuswandono mengatakan, “Apabila kereta pelabuhan beroperasi, maka persoalan untuk mengurangi Dwelling Time akan dapat terealisasi.”

Agung Kuswandono juga mengatakan kereta pelabuhan Tanjung Priok akan dilakukan uji coba dalam bulan Maret ini, sehingga target yang diberikan Presiden Jokowi bisa teratasi.

Dalam keterangannya di Jakarta kemarin, Senin (14/3/2016), Agung Kuswandono mengatakan bahwa progres pembangunan jalur kereta Tanjung Priok sudah selesai 95 persen. Sehingga dalam waktu dekat kereta api sudah bisa berjalan normal. Saat ini kereta pelabuhan hanya tinggal penyelesaian proses administrasi antara Kementerian PUPR, PT KAI dan JICT.

Agung menambahkan, “Persoalan administrasi adalah hal teknis yang diperintahkan Menko untuk segera dibereskan. Dengan demikian, target untuk kereta pelabuhan pada Maret ini dapat beroperasi normal.

Dalam kesempatan yang sama, advisor Menko Maritim Laksamana Marsetio mengatakan, jika kereta pelabuhan dapat digunakan pada akhir Maret, maka kemacetan di jalur darat akan terurai.

“Ada 540 TEUs kontainer per hari. Pak Menteri memerintahkan untuk memakai dua track. Jadi bisa mengangkut dua kali lipat dari yang ada saat ini. Jika menggunakan kereta langsung ke Cikarang Bay Port dengan du track, dapat menampung 1.080 kontainer. Dari Priok ke Marunda mengangkut 1.080 kontainer dengan jarak tidak sampai 2km,” imbuh Marsetio.

Menurut Marsetio, dalam menggunakan kereta pelabuhan ini, akan dilakukan uji coba terlebih dahulu, apakah dapat memenuhi target Presiden Jokowi atau bisa mencapai 2,8 hari.

“Presidden menargetkan 3,6 hari. Sebenarnya bisa lebih kecil lagi. Perencanaan uji coba 540 kontainer. Kami akan coba Maret ini untuk beroperasi. Dari uji coba itu nanatinya kita evaluasi apa bisa 3 hari atau 2,8 hari. Dalam hal ini PT KAI yang ditunjuk sebagai operator,” ujar Laksamana Marsetio.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.