kpc-minat-kerjasama-dengan-pertamina

KPC Gandeng Pertamina Kerjasama Upstream

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, Kuwait Petroleum Corporation (KPC) berninat menjalin kerjasama di sektor up stream dengan Pertamina. Dwi menuturkan, kerjasama tersebut akan diarahkan kepada blok kilang yang baru.

“Kuwait Petroleum Corporation (KPC) itu berminat kerjasama di bidang upstream, kita ajak mereka untuk melakukan eksplorasi yang lebih banyak lagi di Indonesia. Mereka juga tertarik untuk ikut investasi di kilang (refinery),” kata Dwi di Kantor Wakil Presiden (Wapres).

Dwi menyebutkan, Pertamina sendiri memiliki banyak rencana pada proyek kilang. Dengan adanya kerjasama serta minat tinggi KPC untuk menjalin kerjasama ini bisa memenuhi kebutuhan Pertamina.

“Mereka juga tertarik untuk pengembangan petrochemical di Indonesia dan itu juga kebutuhan kita juga. Kemudian mereka tertarik untuk di bidang tenaga kerja, SDM,” tambahnya.

Dwi mengungkapkan, KPC juga tertarik untuk mendatangkan tenaga ahli Indonesia untuk mengisi di unit-unit bisnis KPC yang berada di Kuwait maupun di internasional.

Lanjut Dwi, untuk lokasi kerjasama up stream antara Pertamina dengan KPC akan didetailkan lebih lanjut. Akan tetapi, kerjasama tersebut akan dimulai dengan melakukan eksplorasi.

“Ya blok baru, kita dorong mereka. Nanti akan kita lihat karena kita sudah punya desain rencana strategis pengembangan kilang baru yang akan kita arahkan ke yang baru Ya kan ada bontang, ada tuan/tual (cek) kita arahkan ke sana sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar dia.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.