mengapa-ponsel-harus-non-aktif-saat-di-pesawat

Mengapa Ponsel Harus Non Aktif Saat di Pesawat?

Banyak orang berpikiran bahwa dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode pada telepon selular (ponsel) dapat menghentikan gelombang sinyal ponsel dan tidak mengganggu komunikasi di kokpit pesawat. Kenyataannya, hal tersebut tidak memberikan pengaruh.

Dilansir dari Yahoo!newzealand, salah seorang pilot maskapai penerbangan mengatakan bahwa ponsel yang aktif saat di dalam pesawat dapat menimbulkan bunyi seperti “bzzzt-bzzzt-bzzzt-bzzt-bzzt”. Bunyi tersebut terdengar pada headphone yang dipakai para pilot.

Pilot yang bernama Nikita Schmidt tersebut mengatakan, “Para pilot pasti pernah mengalaminya. Saat fokus mendengarkan suara dari sistem radio, tiba-tiba saja suara itu menjadi tidak teratur karena adanya ponsel di dekat sumber suara.”

“Aku sering mendengar suara seperti itu saat di kokpit pesawat. Memang tidak membahayakan, namun cukup membuat jengkel bagi kami para pilot.”

Hal tersebut menjadi alasan kuat bagi para pilot maupun awak kabin untuk selalu menghimbau para penumpang agar mengaktifkan mode pesawat atau bahkan menonaktifkan ponsel saat berada di dalam pesawat. Karena jika nyala, selain membuat boros baterai juga mengganggu komunikasi pilot pesawat.

“Dengan mengaktifkan airplane mode, penumpang telah memberikan apresiasi besar kepada kami,” imbuh Nikita.

Ada juga pilihan yang baik seperti menggunakan sinyal wi-fi pesawat. Sinyal yang dipancarkan dari jaringan wi-fi internal pesawat lebih lemah daripada sinyal ponsel. Sehingga tidak akan mengganggu proses penerbangan.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.