MY Indo Airlines Buka Penerbangan Cargo Semarang-Singapura

MY Indo Airlines Buka Penerbangan Cargo Semarang-Singapura

Maskapai penerbangan MY Indo Airlines berencana membuka rute penerbangan langsung atau direct flight untuk cargo dari Semarang-Singapura (PP).

Rencana tersebut sempat diuraikan oleh Cargo Sales Manager PT MY Indo Airlines, Dimaz Ramandyta dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/02/2017).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MY Indo Airlines, penerbangan langsung dari dari Semarang ke Singapura terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal tersebut dilihat dari ekspor-impor dari Provinsi Jawa Tengah ke Singapura. Namun, permasalahannya adalah sampai saat ini, masih belum ada pesawat cargo yang melayani penerbangan langsung dari Semarang ke Singapura.

Dimaz Ramandyta mengatakan, “Kami melihat banyak permintaan dari dan ke Semarang. Untuk itu, kami mulai menjajaki para pelaku usaha di Semarang, salah satunya dengan Asperindo.”

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Internasional Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia Jawa Tengah, Rachdi Satoto mengatakan jika selama ini pengiriman logistik Singapura – Semarang masih melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.

Pihaknya menyambut baik rencana maskapai yang akan membuka rute penerbangan langsung tersebut. Karena dengan adanya direct flight akan membuka keuntungan bagi pelaku usaha ekspor-impor.

“Kami sangat senang, karena hal ini bisa memperpendek waktu transit dan penghematan sekitar Rp 1,9 juta per shipment,” ujar Rachdi Satoto.

Pengurangan biaya pengiriman sebesar Rp 1,9 juta dihitung dari besaran biaya pengiriman dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

“Jika dengan penerbangan langsung, tentunya kami berhemt karena tidak perlu mengeluarkan biaya dari Semarang ke Jakarta,” kata Rachdi.

Anggota Asperindo pun secara berkala mengirimkan barang dengan airline hub di Singapura yakni DHL, PT Pos Indonesia, Fedex, TNT dan anggota lainnya. MY Indo Airlines rencananya akan menggunakan pesawat cargo Boeing 737-200 dengan kapasitas volume barang sebesar 16 ton.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.