Prince Alwaleed bin Talal

Pangeran Alwaleed bin Talal Investasi Rp 1,4 Triliun untuk Transportasi Online

Pangeran Arab Saudi, Alwaleed bin Talal menyuntikkan dana besar untuk jasa transportasi online bernama Lyft. Lyft mendapat suntikan dana segar hingga USD105 juta atau sekitar Rp1,42 triliun (Rp13.600 = 1 USD).

Dilansir Business Insider, Sabtu (26/12/2015), aplikasi jasa transportasi online ini mendapat invetasi dari salah satu perusahaan milik Pangeran Arab Alwaleed bin Talal. Dengan suntikan dana ini menjadikan Pangeran Alwaleed memiliki 2,3 persen saham di Lyft.

Seperti diketahui, Lyft merupakan saingan berat Uber dalam bisnis aplikasi transportasi online. Kedua perusahaan ini selalu dibanding-bandingkan oleh banyak kalangan. Namun, diperkirakan nilai perusahaan yang dimiliki Lyft masih dibawah Uber. Nilai yang dimiliki Uber diprediksi sekitar USD64,6 miliar. Sedangkan Lyft diperkirakan memiliki nilai USD4,94 miliar, termasuk dana investasi yang masuk dari Pangeran Alwaleed bin Talal.

Saat ini, Lyft hanya akan beroperasi di Amerika Serikat (AS). Berbeda dengan Uber yang beroperasi di 68 negara. Meski demikian, Lyft berencana untuk memperluas jaringan operasi tanpa meninggalkan kantor pusatnya yang ada di San Fransisco.

Pada September, Lyft bekerjasama dengan salah satu saingan Uber di China, Didi Kuaidi. Keduanya memperluas jaringan kerjasama dengan aplikasi transportasi online lainnya di Asia, termasuk GrabTaxi Singapura dan Ola di India. Dalam kerjasama tersebut, Didi Kuaidi menanamkan modal sebesar USD100 juta

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.