Pasca Gempa, Bandara Internasional Lombok Dibuka Kembali

Pasca Gempa, Bandara Internasional Lombok Dibuka Kembali

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  memastikan beberapa fasilitas infrastruktur dan operasional Bandara Internasional Lombok dalam kondisi aman dan beroperasi secara normal. Informasi itu disampaikan melalui akun @kemenhub151.

Diketahui telah terjadi gempa bumi di Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8/2018) malam. Akibatnya, 82 orang meninggal, banyak bangunan rumah dan bangunan lainnya mengalami kerusakan.

Gubenur NTB Muhammad Zainul Majdi menyebutkan, Kantor Bupati Lombok Utara dan Rumah Sakit Lombok Utara juga rusak akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter itu.

Berdasarkan info yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat telah terjadi gempa sebesar 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok Utara pukul 18.46 WIB. Gempa tersebut juga mengganggu aktivitas di Bandara Lombok Praya, Minggu (5/8/2018) malam.

Corporate Communication Senior Manager Angkasa Pura I, Awaluddin menyatakan bahwa Bandara Lombok sempat mengalami pemadaman listrik pada pukul 20.00 WITA.

“Orang-orang (pegawai dan penumpang) di airside dan terminal sempat dievakuasi di titik evakuasi di luar terminal,” ujar Awaluddin.

Evakuasi tersebut tak berlangsung lama dan listrik kembali menyala serta penumpang kembali ke ruang tunggu terminal sekitar pukul 20.30 WITA.

Gempa  yang terjadi di Lombok tersebut juga berdampak pada Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Akibatnya, terdapat beberapa kerusakan fasilitas pendukung kegiatan kebandarudaraan. Namun hingga berita ini diturunkan, kondisi di Bandara Lombok maupun Bali sudah normal.

Hingga kini, untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang, pihak Angkasa Pura I meninjau dan melakukan pembersihan terhadap berbagai sarana serta fasilitas di seluruh area bandara meliputi terminal dan sisi udara yang terdampak gempa.

Awaluddin mengatakan, “Angkasa Pura I memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin muncul akibat proses pembersihan dari sarana ataupun fasilitas yang terdampak di area terminal.”

Awaluddin juga menyampaikan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai situasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Internasional Lombok, calon penumpang bisa  menghubungi Contact Center di nomor 172 maupun di akun twitter @angkasapura172.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.