port-of-jakarta

Pelindo II Gandeng Jakpro Bangun Port of Jakarta

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II akan menggandeng BUMD Jakpro untuk membangun megaproyek pelabuhan bernama Port of Jakarta, yang akan berdiri di atas lahan 2.500 hektar.

Rencana untuk penandatanganan perusahaan patungan PT Jakpro dan PT Pelindo II akan ditandatangani awal Nopember 2015. Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengemukakan Gubernur DKI Jakarta Ahok sudah menyetujui pembentukan perusahaan patungan untuk membangun Port of Jakarta itu.

Selain Jakpro, perusahaan lain yang juga akan terlibat, dia mengutarakan adalah Port of Rotterdam. Perusahaan asal Belanda ini hanya akan menjadi pemegang saham minoritas. Menurut Lino, keberadaan pelabuhan raksasa itu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap proses lalu lintas barang. Pelindo II berharap pembangunan proyek ini bisa dimulai tahun depan.

Pengembangan Port of Jakarta akan meneruskan terminal JICT yang saat ini telah ada. Selain itu, proyek Port of Jakarta juga akan menambah luasan area terminal yang akan dikembangkan perseroan.

Langkah lain yang juga akan ditempuh adalah mengambil alih saham Kawasan Berikat Nusantara (KBN) untuk menjadi anak usaha dari perusahaan joint venture yang akan diteken.

Lino mengaku tak terlalu memusingkan berbagai sorotan yang diarahkan kepada dirinya. Dia justru berterima kasih karena diberi kesempatan untuk menjelaskan banyak hal kepada masyarakat.

 

beritatrans

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.