pelabuhan-tegal

Pelindo III Akan Bangun Sentra Industri Perikanan Tegal

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto mengatakan, saat ini Pelindo III sedang dalam tahap studi Pelabuhan Tegal bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengembangkan pelabuhan Tegal.

Djarwo melihat, ada potensi industri perikanan yang bisa dikembangkan di kawasan itu, sebab banyak sekali kegiatan nelayan di pesisir Tegal. Untuk tahap awal investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan industri perikanan di Tegal mencapai Rp 1 triliun. Investasi sebesar itu, akan digunakan untuk menyiapkan fasilitas dasar.

“Bukan hanya Pelindo III, tapi dengan sinergi bersama pihak yang mengerti mengenai industri perikanan, pelabuhan ini akan lebih maju”, ujar Djarwo.

Saat ini studi yang dilakukan dengan UGM belum selesai. Pelindo III juga masih harus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk merealisasikan rencana ini. Di samping membangun sentra perikanan di Tegal, Jawa Tengah, Pelindo III dalam lima tahun ke depan juga akan membangun lima pelabuhan strategis dan sembilan pelabuhan kecil. Total anggaran yang dibutuhkan untuk itu mencapai Rp 20 triliun.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.