pelabuhan makassar sulawesi selatan

Pelindo III Tingkatkan Pelayanan dengan Windows System On Schedule

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam menangani petikemas di pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya. Agar operasional kapal pengangkut lebih efisien, Pelindo III menerapkan windows system on schedule.

Dari keterangan Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, bahwa penerapan sistem konektivitas antar-pelabuhan ini sudah dilakukan pada November 2015 kemarin. Pada saat itu telah dibuka rute baru dengan sistem windows yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan Pelabuhan Makassar. Terdapat dua kapal rute Surabaya-Makasar dan sebaliknya. Dengan sistem konektivitas ini membuat kapal yang akan masuk ke kedua pelabuhan tersebut memiliki kepastian jadwal dan lokasi bongkar muat.

Edi Priyanto juga mengatakan kalau rute baru sistem windows akan terkoneksi dengan Pelabuhan Belawan yang dikelola Pelindo I dan Pelabuhan Bitung yang dikelola Pelindo IV dan Pelabuhan Tanjung Priok yang dikelola Pelindo II.

Dia (Edi Priyanto) menambahkan, sistem ini dapat menurunkan turn around voyage (TRV) dari semula yang menbutuhkan waktu delapan hari menjadi enam hari. TRV adalah waktu yang dibutuhkan kapal untuk menempuh perjalanan dari pelabuhan pertama menuju pelabuhan kedua dan kembali ke pelabuhan pertama.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.