Pelindo IV Siap Operasionalkan Makassar New Port Desember 2018

Pelindo IV Siap Operasionalkan Makassar New Port Desember 2018

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV ( Pelindo IV) Doso Agung mengatakan bahwa uji coba operasionalisasi Makassar New Port (MNP) akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Sedangkan untuk operasional MNP secara penuh akan dilakukan Pelindo IV pada Desember 2018.

Dilansir dari kompas.com (6/7/2018), Doso Agung mengatakan, “Oktober ini kita selesai tetapi mesti running uji coba segala macam, soft launching. Untuk running full-nya Desember.”

Doso juga mengatakan bahwa sampai saat ini tahap pembangunan Makassar New Port sudah mencapai angka 70 persen. Dia optimis jika nantinya Makassar New Port bisa memuat kapasitas hingga 3 juta TEUs.

Untuk itu, Pelindo IV mencatatkan obligasi senilai Rp 3 triliun di BEI (Bursa Efek Indonesia) dengan tujuan memberikan tambahan pembiayaan bagi pembangunan Makassar New Port.

Selain untuk Makassar New Port, obligasi tersebut nantinya akan digunakan untuk membiayai tiga pelabuhan lainnya.

“Obligasi fokus pada 4 pelabuhan, yakni Makassar New Port, Kendari New Port, Terminal Peti Kemas Bitung, dan Pelabuhan Patoloan-Palu. Empat pelabuhan ini akan jadi pelabuhan penyangga di kawasan Timur Indonesia untuk ekspor impor maupun kegiatan antar pulau,” ujar Doso.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.