Pelni

Pelni Siapkan SDM Handal Kelola Tol Laut

PT Pelni (Persero) telah resmi ditunjuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menjadi operator penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dalam rangka pelaksanaan program tol laut tahun anggaran 2015.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan, Pelni akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan moda angkutan barang yang prima.

“Penunjukan Pelni sebagai operator program tol laut ini semakin menegaskan peran kami dalam menghubungkan nusantara dan menyatukan Indonesia,” kata Didik dalam keterangannya di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Sebagai tahap awal sosialisasi program tol laut, Pelni akan menyediakan tiga angkutan kapal barang tol laut dari kebutuhan enam angkutan kapal barang sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL.108/6/2/DJPL-15 tentang jaringan trayek penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dalam rangka pelaksanaan tol laut tahun anggaran 2015.

Didik menyebutkan, Pelni akan mengoperasikan tiga angkutan kapal barang tol laut, KM Caraka Jaya Niaga III-32 yang akan menempuh rute sejauh 3.668 mile dengan rute Tanjung Perak, Tual, Fak Fak, Kaimana, Timika, Kaimana, Fak Fak, Tual dan kembali ke Tanjung Perak.

Kedua, KM Caraka Jaya III-22 dengan rute tempuh 5222 mile, dengan rute Tanjung Priok, Biak, Serui, Nabire, Wasior, Manokwari, Wasior, Nabire, Serui, Biak, dan kembali ke Tanjung Priok. Kapal ketiga, KM Caraka Jaya III-4 dengan rute tempuh 1696 mile yang akan melayani Tanjung Priok, Kijang, Natuna, Kijang dan kembali ke Tanjung Priok.

“Sebagai pelaksana tol laut, kami akan menerima PSO dari pemerintah sekitar Rp27 miliar untuk operasional kapal tol laut di sisa tahun 2015, penggunaan anggaran PSO tol laut ini terpisah dari PSO angkutan penumpang yang rutin diterima Pelni,” tukasnya.

 

okezone

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.