pembangunan-pelabuhan-new-mutiara-jati

Pembangunan Pelabuhan New Mutiara Jati Segera Direalisasikan

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) akan merealisasikan pengembangan Pelabuhan New Terminal pada Oktober 2015. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi dan meningkatkan pendapatan negara.

Direktur utama IPC R.J.Lino menuturkan, terus menggiatkan berbagai upaya menunjang efektivitas dan efisiensi layanan. Sejauh ini upaya yang dilakukan IPC ialah melakukan penambahan alat bongkar muat dan pengembangan pelabuhan yang berpotensi meningkatkan investor untuk berinvestasi di Indonesia.

“Salah satu dari pengembangan pelabuhan tersebut, ya pengembangan pelabuhan New Mutiara Jati di Cirebon,” ucapnya di Pekayon, Jakarata, Senin (6/7/2015).

Untuk pengembangan, lanjutnya, saat ini telah memasuki tahap perencanaan untuk direalisasikan pada Oktober 2015 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2017.

Lebih lanjut, Lino menjelaskan pelabuhan New Mutiara Jati dipersiapkan menjadi alternatif selain pelabuhan Tanjung Priok ini merupakan pintu gerbang kegiatan usaha bagi hinterland yang luas yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Hal ini dikarenakan letak pelabuhan New Mutiara Jati yang berbeda di lintasan jalur jalan raya dan rel kereta api ke seluruh kota di Pulau Jawa sehingga menjadi keuntungan bagi pelabuhan ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Lino pun mengatakan pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan besar yang mampu mendatangkan kapal-kapal besar sehingga bisa meningkatkan pendapatan. Adapun dukungan akses pelabuhan New Muara Jati, IPC juga akan membangun jembatan ke pelabuhan Cirebon menuju pintu masuk Tol Kanci yang diperuntukkan sebagai jalur keluar masuk pelabuhan Cirebon.

Proyek pembangunan jalan alternatif ini rencananya akan direalisasikan oleh IPC apabila pembangunan jalan menyusuri tepi laut menemui kendala.

“Pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dan Bagian Jawa Tengah akan berkembang secara signifikan, karena ada pelabuhan, di situ industri akan tumbuh. Nantinya, pelabuhan Cirebus akan dijadikan salah satu pelabuhan andalan kegiatan ekonomi Indonesia, karena pelabuhan ini direvitalisasi untuk meningkatkan produktivitas daya saing angkutan laut serta memotong biaya logistik yang selama ini membebani konsumen,” tuturnya.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.